REVITALISASI PROFESI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA INDUSTRI 4.0
Abstract
Perkembangan pesat di era globalisasi atau era modernisasi dalam bidang sains, politik,, dan teknologi. Berbagai definisi pemikiran yang kontra dari dunia Barat maupun yang pro. Pertumbuhan yang cepat dan hilangnya hubungan antara kekuatan netika tradisional dan norma agama, merupakan akibat dari masalah lain dan perang brutal pada periode ini. Tujuan penelitian ini untuk menambah khazanah intelektual muslim Indonesia, kususnya mengenai karya ilmuwan tentang pendidikan profesi guru terutama guru pendidikan agama islam yang sesungguhnya. Didalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian fisiologis dimana prosedur dalam pemecahan masalah yang akan diselidiki nanti dilakukan secara rasional melalui sebuah penalaran yang terarah dan perenungan yang mendasar dan mendalam tentang hakikat sesuatu. Hasil dari penelitian ini nantinya dengan adanya revitalisasi profesi guru, maka akan menumbuhkan dan memaksimalkan peran pendidik sebagai orang tua kedua, dimana hubungan emosional keduanya sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Pendidik juga harus mampu membentuk kepribadian peserta didik agar memiliki pola perilaku akhlakul karimah. Kesimpulan penelitian ini bahwa perlu adanya kerjasama antar semua elemen pendidikan untuk memajukan kualitas pendidikan bangsa. Karena kemajuan pendidikan suatu bangsa merupakan cerminan dari kesejahteraan masyrakatnya dan itu dimulai dari kualitas pendidik dan juga genrasi muda bangsa.
Kata Kunci: Revitalisasi, modernisasi, guru, pendidikan