Pengembangan Pembelajaran Tingkat SD Berbasis Animasi Flash 8
Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan kini menjadi suatu keharusan, khususnya dalam upaya meningkatkan mutu dan efektivitas proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan model pembelajaran interaktif berbasis animasi menggunakan Flash 8 yang dirancang agar menarik dan efektif bagi siswa Sekolah Dasar (SD), serta mengevaluasi pengaruh penerapannya terhadap motivasi dan capaian belajar siswa. Permasalahan utama yang diangkat adalah minimnya media pembelajaran yang inovatif dan interaktif di jenjang SD, dapat menyesuaikan dengan gaya belajar visual dan kinestetik siswa. Hal ini berdampak pada rendahnya semangat belajar dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD, dengan melibatkan guru serta pakar materi dalam proses pengembangan media. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media animasi Flash 8 memiliki tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas yang tinggi. Validitas media sebesar 4,5 dari skala 5, mencerminkan kesesuaian isi dan desain dengan kurikulum serta karakteristik peserta didik SD. Dari segi kepraktisan, media dinilai mudah digunakan oleh guru maupun siswa selama uji coba, dengan tanggapan positif lebih dari 85%. Efektivitas media terlihat dari peningkatan motivasi belajar siswa, ditandai dengan meningkatnya partisipasi aktif dan minat belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis animasi Flash 8 berpotensi besar untuk diterapkan di jenjang Sekolah Dasar sebagai sarana pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan efektif..
Downloads
References
Ervilia, S., & Fauzi, A. (2024). Implementasi Pendekatan Kooperatif dan Kolaboratif Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Siswa Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(01), 66–71. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i01.3837
Hayu, R., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite pada Materi Pancasila Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 553–559. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8568
Irmi, R. F., Salminawati, S., & Dahlan, Z. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak pada Film Sang Kiai terhadap Penanaman Akhlak dalam Dunia Pendidikan Islam Kontemporer. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 918–924. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.855
Ismail, I. A., Jhora, F. U., Qadriati, Q., & Insani, M. (2024). Enhancing Science Learning Activities through the Implementation of Discovery Learning and Teaching at the Right Level Method. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(4), 1886–1895. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i4.7359
Khairunnisa, K., & Ain, S. Q. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5519–5530. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3198
Mulyani, A. S., Nursaiidah, A., Wangila, D. N., & Aeni, A. N. (2023). Penggunaan E-book JUKUT (Jujur Kunci Utama) untuk Memupuk Sikap Jujur Siswa SD Kelas V. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 717. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2099
Natalia, I. A. G., Prasasti, P. A. T., & Kusumawati, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis STL (Scienc Technology Literacy) dalam Menguatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 di SDN Winong 01 Kabupaten Madiun. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1476. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2568
Puspitasari, Y., Rasyidi, A. H., Noervadila, I., & Firdausia, N. (2022). Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin Dan Tingkat Perhatian Orang Tua Di Kelas Xi Ma Sarji Ar-Rasyid. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 10(2), 428. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1499
Qurrotaini, L., Susanto, A., Izzah, L., Setiyaningsih, D., & Triutami, D. W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Materi Mitigasi Bencana Pada Pembelajaran Ips Di Sd. Jurnal Holistika, 6(1), 57. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.57-64
Rahayu, I. R., & Rukmana, D. (2022). the Effect of Game-Based Learning Model Assisted By Bamboozle on the Multiplication Skills of Elementary School Students. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 806. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8964
Susilowati, N. (2024). Efektivitas Praktik Kependidikan Untuk Meningkatkan Efisiensi Diri Mengajar Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 20(2), 98–103. https://doi.org/10.21831/jep.v20i2.75731
Tarwoto, Eka Ardiya Putri, & Dwi Puji Lestari. (2024). Pelatihan Desain Produk Menggunakan Aplikasi Adobe Ilustrator Untuk Guru Dan Siswa Di SMK Miftahul Huda Rawalo. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 241–250. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i1.1619
Copyright (c) 2024 A Wathon

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.